Senin, 10 September 2012


PELAJARAN HIDUP
Oleh : Ferawati Ayu Kurniawati
Mungkin, Anda pernah berpikir mengapa sih hidup saya seperti ini ? Kehidupan manusia memang tidak bisa ditebak, ada saatnya kita di atas dan ada saatnya kita berada di bawah. Namun, itu tergantung pada diri kita dalam menyikapinya. Walaupun begitu kita harus tetap berusaha, berdoa, dan ikhtiar, karena Tuhan tidak akan memberikan ujian diluar kemampunan manusia.

Apalagi jika kita dihadapkan pada dua pilihan yang sulit, ya mau tidak mau kita harus memilih salah satu walaupun pilihan itu tidak sesuai dengan keinginan kita. Mungkin, hal itu merupakan langkah awal kita dalam meraih kesuksesan. Apa pun yang kita lakukan pada saat ini pasti akan mendapat balasan suatu saat nanti.

Mungkin, saat ini kita harus prihatin terlebih dahulu, walaupun dalam keadaan serba minim, kita harus tetap semangat dalam menjalani kehidupan, suatu saat pasti kehidupan kita akan  berubah. Tunjukkan kepada dunia bahwa kita pasti bisa.

Dan ingat, manusia hidup jangan selalu melihat ke atas, tapi lihatlah ke bawah karena masih banyak orang yang lebih menderita dari kita. Kita harus selalu besyukur terhadap apa yang diberikan Tuhan kepada kita, karena dengan kenikmatan itu, kita bisa menjalani kehidupan ini dengan baik walau dalam keadaan serba kekurangan. Kita sebagai seorang pelajar juga harus tetap bersyukur karena kita masih bisa mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena masih banyak teman-teman kita yang kurang beruntung tidak bisa mengenyam pendidikan.

Dalam kehidupan ini, manusia pasti mengalami suatu masa dimana manusia diberi kegagalan yang berulang kali sehingga dirinya merasa putus asa dengan keadaan tersebut. Tapi, ingatlah bahwa kesuksesan seseorang tidak didapat dengan jalan yang mudah, tetapi melalui jalan yang penuh dengan tantangan yang berat yang menguji mental seseorang, karena kesuksesan dimulai dari hal-hal kecil yang kita jalani saat ini.

Semangat dan motivasi dari dalam diri kita sendiri itulah yang membuat kita menjadi orang yang kuat dan tidak mudah menyerah. Dan kita harus tetap fokus pada tujuan yang ingin kita capai, dan berusahalah menjadi orang yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitar Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar