Selasa, 15 Mei 2012

Tidak Ada yang Bisa Menghentikan Mereka yang Pantang Menyerah


Mereka yang pantang menyerah tidak akan pernah berhenti untuk berusaha, seberat apa pun tantangan, seperti apa pun penderitaan, dan sesulit apa pun rintangannya


Anda pernah gagal ? Aneh sekali jika tidak karena, setiap orang yang pernah membuat pencapaian bermakna, pasti pernah gagal. Namun, sungguhkah setiap orang yang pernah mencoba pernah gagal ? Ya. Memang demikian. Namun, mengapa ada orang yang kemudian berhasil, dan ada yang tidak ? Tahukah Anda apa gerangan penyebabnya ?

Seseorang yang memiliki semangat hidup seperti pohon pisang tidak akan pernah berhenti sebelum dia berhasil mewujudkan cita-citanya. Pohon pisang memiliki falsafah hidup berbunyi " tidak akan pernah menyerah, sebelum berbuah ". Orang-orang yang menerapkan falsafah itu, tidak akan pernah menyerah sebelum berhasil mewujudkan tujuan hidupnya.

 Apa tujuan hidup Anda ? Saya tidak tahu. Hal yang pasti, tidak satu pun manusia di muka bumi ini yang tidak memiliki tujuan hidup. Apa tujuan hidup pohon pisang ? Untuk berbuah. Kita hanya sekali lagi, apa tujuan hidup Anda ? Menghasilkan sebuah karya yang dihasilkan oleh tindakan dan perbuatan yang kita lakukan.

Jika pun masih belum bisa mendefinisikannya, tidak berarti kita tidak memilikinya karena manusia normal memiliki will atau kehendak. Pastilah mereka mempunyai dorongan dari dalam diri untuk berprestasi. Atau mencapai sesuatu dalam hidupnya. Oleh karenanya, sekali pun kita belum mampu mendefinisikan tujuan hidup kita dengan jelas, tetapi kita selalu memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu.

Sekarang, coba periksa lagi, apakah perjalanan kita untuk mewujudkan keinginan itu selalu berjalan di jalur mulus. Atau selalu melintasi jalan terjal, licin, dan berliku ? Yah, kadang-kadang segala sesuatu berjalan seperti yang kita inginkan. Namun, kita tahu tidak selamanya semudah itu. Pada saat segala sesuatunya indah, tentu hati kita berbunga-bunga hingga kita sering lupa daratan. Namun, pada saat segala sesuatunya begitu sulit, semangat kita sering sekali gampang patah dan mudah menyerah.

Padahal, pohon pisang itu tidaklah demikian. Bahkan, setelah berkali-kali dicincang pun, dia tumbuh lagi dan terus tumbuh lagi. Kita jadi tahu bahwa tidak ada yang bisa menghentikan mereka yang pantang menyerah. Mereka yang pantang menyerah tidak akan pernah berhenti untuk berusaha. Seberat apa pun tantangan yang mereka hadapi. Seperih apa pun rintangan yang mereka lintasi. 


Sumber :  Buku " Ternyata Semutnya Ada di sini "

                  Karya Dadang Kadarusman

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar